harga smartphone terbaru

Info Smartphone dan Gadget Terbaru

[blogger]

Apakah Fast Charging Berbahaya?

Apakah Fast Charging Berbahaya?

Sumber Gambar : https://www.youtube.com/watch?v=Zsct0T5V03M

Banyak isu yang beredar di tengah masyarakat kalau teknologi fast charging berpotensi membahayakan baterai HP, padahal kenyataannya nggak seperti itu. Berikut penjelasannya!

Jika zaman dahulu untuk mengisi baterai HP sampai penuh membutuhkan durasi waktu yang cukup lama, maka berkat hadirnya teknologi fast charging kini pengisian daya dapat dilakukan dengan sangat cepat dan tidak memakan waktu lama dan ini merukapan harapas semua penguna HP di cas sebentar di gunakan lama.

Bahkan, saat ini sudah ada banyak sekali HP yang mendukung teknologi fast charging dengan harga yang sudah terjangkau.

Lalu apakah benar jika fast charging berpotensi merusak baterai HP dan bahkan bisa bikin HP meledak? Yuk, cari tahu jawabannya di artikel Jaka selengkapnya berikut ini.

Sebelum membahas apakah fast charging benar-benar berpotensi dapat merusak baterai, ada baiknya kalau kamu ketahui terlebih dahulu hal apa saja yang sebenarnya dapat membahayakan baterai HP, geng.

Meskipun di era modern seperti sekarang ini kebanyakan baterai sudah dilengkapi dengan fitur keamanan yang mumpuni, tapi hal-hal berikut tetap berpotensi membahayakan baterai HP.

 

1. Overheating

Overheating menjadi salah satu permasalahan umum yang sering dialami oleh para pengguna HP di zaman sekarang.

Sayangnya, masih banyak orang yang menganggap sepele permasalahan ini dan terus menggunakan HP meskipun suhunya sudah sangat panas.

Padahal kenyatannya, jika batas suhu panas pada sebuah HP terlampaui maka hal tersebut justru membuat baterai cepat menggembung dan bahkan bisa menyebabkan baterai meledak lho, geng.

Meskipun saat ini fitur pemantauan suhu yang didukung oleh pengontrol disediakan untuk melindungi baterai, tapi fitur tersebut rupanya nggak mampu mencegah baterai agar tidak panas.

Artinya, meskipun dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan yang canggih, tapi hal tersebut tidak cukup membuat baterai HP kamu tetap aman dari potensi bahaya yang mengintai.

 

2. Arus Daya Terlalu Tinggi

Saat ini teknologi pada HP sudah semakin canggih dan bahkan mampu mendeteksi ukuran tegangan daya yang masuk apakah normal, tinggi, atau rendah.

Arus daya yang terlalu tinggi selama proses pengisian daya ataupun pemakaian juga ternyata bisa membahayakan baterai HP kamu lho, geng.

Hal inilah yang akhirnya memunculkan anggapan orang bahwa fast charging dapat merusak baterai HP.

Seperti yang kita tahu, tujuan dari teknologi fast charging sendiri adalah untuk meningkatkan arus tegangan agar proses pengisian daya semakin cepat.

Tapi, hal itu nggak sepenuhnya benar, geng. Berikut adalah penjelasan kenapa fast charging nggak membahayakan baterai HP kamu.

Kenapa Fast Charging Nggak Membahayakan Baterai HP?

Jika tegangan daya yang terlalu tinggi bisa membahayakan baterai HP, lalu kenapa teknologi fast charging nggak membahayakan baterai HP?

Bagi orang awam tentu saja hal tersebut cukup sulit untuk dipahami oleh nalar, ya, geng. Tapi, kenyataannya memang seperti itu adanya.

Jika diibaratkan, fast charging ini membuka membuka pintu sedikit lebih lebar daripada charger konvensional sehingga arus listrik yang masuk bisa semakin besar.

Cara kerja teknologi fast charging sendiri ternyata nggak sesimpel seperti yang mungkin kamu bayangkan yaitu dengan mengaliri arus tinggi ke baterai HP.

Hal itu dikarenakan adanya teknologi pengontrol pada HP yang mampu memantau tingkat pengisian daya, status baterai, suhu, dan beban.

Dengan mengetahui parameter-parameter tersebut, teknologi fast charging mampu memilih mode operasi yang paling optimal agar tidak merusak baterai.

Seperti misalnya pada proses pengisian daya, fitur pengontrol secara bertahap akan menurunkan arus tegangan agar tetap dalam batas yang dapat diterima oleh HP.

Oleh karena itu, pada 10% terakhir pengisian daya baterai menggunakan teknologi fast charging biasanya akan terjadi secara lambat, geng.

Jadi, meskipun bertujuan untuk mengaliri arus tegangan yang lebih tinggi, fast charging tetap aman digunakan oleh perangkat HP Android.

Apakah Teknologi Fast Charging Layak Digunakan?

Setelah mengetahui bahwa teknologi fast charging tidaklah berbahaya, lalu apakah teknologi ini benar-benar layak untuk digunakan?

Jika kamu menggunakan charger fast charging pada perangkat yang sudah mendukung teknologi ini, tentu saja jawabannya sangat layak, geng.

Mengingat fungsi dari teknologi ini sangat membantu kamu agar tidak terlalu lama menunggu baterai HP terisi penuh.

Terlebih beberapa tahun ke depan di mana teknologi bakal semakin berkembang, teknologi fast charging mungkin akan menjadi standar pada sebuah perangkat HP.

Maka dari itu jangan terlalu mudah percaya kabar berita yang mengatakan bahwa fast charging berbahaya Karena pada dasarnya setiap teknologi yang diciptakan saat ini pasti sudah melewati berbagai proses dan pengecekan agar tidak membawa dampak buruk.


Sumber Berita : https://jalantikus.com/news/26366/fast-charging-merusak-hp/


Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Apakah Fast Charging Berbahaya?"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top